Lifestyle

Hal-Hal yang Harus Dipahami Sebelum Investasi Jual Beli Emas

Hal-Hal yang Harus Dipahami Sebelum Investasi Jual Beli Emas Posted On
Posted By admin

Mulai dari zaman dulu hingga sekarang, banyak yang telah melakukan perdagangan Jual beli emas bahkan sebagai mata uang untuk jual beli. Seiring perkembangan zaman, emas mulai menarik banyak investor dan menjadi jenis logam mulia yang paling diminati sebagai aset investasi. Meskipun begitu, tidak semua investor memahami hal-hal yang berhubungan tentang emas. Ada baiknya untuk memahami seluk beluk emas terlebih dahulu agar bisa menjalankan investasi emas dengan baik.

Pahami Hal Ini Sebelum Jual Beli Emas

  1. Emas bisa dijadikan sebagai alat tukar emas

Harga emas akan mengalami fluktuasi terhadap mata uang negara namun biasanya lebih memiliki kaitan erat dengan mata uang dolar AS sehingga emas sering diperdagangkan dengan mata uang dolar. Maka dari itu emas bisa ditukar dengan uang kertas. Sama halnya seperti mata uang Rupiah yang ditukarkan ke dolar AS.

  1. Harga emas tergantung supply dan demand

GATA atau Gold Anti Trust Action Committee mengatakan bahwa harga emas bisa diprediksi berdasarkan permintaan emas baik itu untuk investasi, perhiasan, ataupun permintaan pembatalan hedging oleh perusahaan pertambangan. GATA juga melakukan analisis pasar dengean mempertimbangkan permintaan emas dan juga pengiriman yang dapat mempengaruhi harga emas.

  1. Tambang emas dan demand

Apabila dilihat dari tahun 1972 hingga 2007 mengenai total permintaan emas yang dibandingkan dengan jumlah produksi emas, bisa dikatakan bahwa produksi emas tetap flat atau stabil meskipun harga emas tetap mengalami peningkatan.

Alasan pertama yaitu perusahaan tambang tetap dipaksa untuk meningkatkan kualitas emas saat harga emas menurun. Jadi kesimpulannya diperlukan penambangan bijih dengan kualitas yang lebih baik lagi. Sehingga apabila harga emas sudah mulai naik lagi maka aktivitas tambang akan diubah menjadi kualitas yang lebih rendah.

Kedua yaitu biaya untuk kegiatan eksplorasi menurutn pada saat periode harga emas menurun. Jadi perusahaan yang beroperasi hanya sedikit pada saat harga emas meningkat. Perusahaan membutuhkan waktu setidaknya 7 hingga 10 tahun untuk mulai melakukan penambangan dari penemuan bijih.

  1. Hubungan demand untuk perhiasan dan Bank Sentral

Pada tahun 1999 hingga 2000-an pasa emas melemah padahal terjadi peningkatan permintaan yang diikuti dengan harga emas yang naik. Hal ini berlawanan dengan pernyataan bahwa permintaan tinggi maka harga emas akan naik. Hal tersebut ternyata disebabkan karena permintaan tersebut dari Bank Sentral dunia yang disimpan sebagai cadangan moneter.

Bahkan seiring perkembangan teknologi, para investor juga sudah bisa melakukan transaksi emas secara digital di platform terpercaya salah satunya yaitu Sehatigold. Transaksi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja dengan aman di mana pembelian emas mulai dari 0.01 gram. Di Sehatigold, emas yang telah diakumulasi dapat ditukarkan menjadi emas batangan dan logam mulia. Untuk harga emas hari ini yaitu harga beli Rp 851.382 dan harga jual Rp 810.053 per gram.

Related Post