Lifestyle

Inilah Jenis Pulsa Berdasarkan Bentuk dan Fungsinya

Inilah Jenis Pulsa Berdasarkan Bentuk dan Fungsinya Posted On
Posted By admin

Kecanggihan teknologi membuat semuanya lebih mudah dan cepat. Dulu untuk menghubungi orang lain, harus melalui surat atau telepon. Tapi sekarang dengan smartphone saja, anda bisa terhubung dengan siapa saja dan di mana saja. bahkan bisa bertatapan langsung dengan orang lain. untuk melakukannya,anda membutuhkan pulsa. Bisa digunakan untuk telepon atau daftar paket internet. Jenisnya pun semakin bermacam. Tidak hanya digunakan untuk internet dan telepon saja. tapi juga untuk pengisian listrik. berikut ini beberapa jenis pulsa berdasarkan bentuk dan fungsinya.

Pulsa Berdasarkan Bentuk Fisiknya

Berdasarkan bentuk fisiknya dibagi menjadi dua yaitu:

  • Voucher fisik : isi ulang ini  berbentuk voucher. Berbentuk kertas persegi panjang. Bentuknya seperti kartu perdana atau voucher belanja. Nanti dibagian  kartu tersebut terdapat bagian yang harus digosok dan berisi kode atau nomor voucher. Anda bisa memasukan nomor voucher tersebut ke dalam ponsel anda, sesuai petunjuk yang diberikan.
  • Pulsa Elektrik : isi ulang elektrik ini yang paling mudah dan banyak ditemukan. Tidak ada bentuk fisiknya sama sekali. Pengisiannya mengunakan sim card dari masing-masing provider. Nanti akan ada kode isian yang harus dimasukan sesuai dengan jenis provider yang ingin dimasikan.

Kedua jenis pulsa ini memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengisi pulsa. Perbedaanya pada media yang digunaan untuk mengisinya. Anda tinggal memilih yang paling mudah buat anda.

Jenis Pulsa Berdasarkan Cara Pembayarannya

Pulsa juga bisa dibedakan berdasarkan cara pembayarannya, jenis ini dibagi menjadi dua yaitu :

  • Pulsa prabayar yaitu jenis yang pembayarannya dilakukan di awal. Sebagian besar pengguna kartu provider menggunakan jenis ini. anda bisa membelinya di konter pulsa, ecommerce, melaluo atm, gerai belanja dan lainnya. bisa digunakan untuk telepon, sms membeli paket internet dan lainnya. sekarang juga ada untuk pengisian listrik.
  • Pulsa pascabayar yaitu pembayarannya diakhir penggunaan atau menggunakan tagihan. Untuk jenis ini, anda bisa menggunakan layanan terlebih dahulu kemudian membayarkan di akhir. Banyak pengguna bisnis yang memakai sistem ini, karena lebih mudah dan tidak bingung kehabisan pulsa.

Jenis Pulsa Berdasarkan Fungsi dan Kegunaanya

Jenis ini juga bisa dibedakan berdasarkan fungsi dan kegunaanya. Menurut jenis ini dibedakan menjadi empat yaitu:

  • Pulsa telepon, seperti namanya digunakan untuk telepon jarak jauh melalui suara. Telepon biasa pun bisa menggunakan pulsa ini. sebagian provider terdapat paket telepon sehingga lebih murah pembayarannya.
  • Pulsa sms, digunakan untuk mengirim pesan teks berbentuk sms. Setiap mengirim sms, nominalnya akan berkurang. Setiap provider memiliki besar tarif sms yang berbeda-beda. Untuk lebih hemat, anda bisa memaketkannya. Sehingga bisa menikmati sms sepuasnya.
  • Paket data atau paket internet, menjadi jenis yang paling digunakan oleh banyak orang. ada yang berbentuk voucher dan elektrik. Untuk voucher, anda tinggal memasukan kodenya. Sedangkan untuk elektrik, anda harus mendaftarkan paket internet terlebih dahulu. Biasanya harga voucher internet lebih murah dibandingkan elektrik.
  • Pulsa listrik, digunakan untuk mengisi tagihan listrik prabayar. Dengan cara memasukan kode pelanggan, sehingga anda bisa mengisi sesuai kebutuhan di rumah. Kemudian pulsa tersebut akan diubah menjaid besaran kapasitas listrik.

Kebutuhan pulsa sudah tidak bisa dipisahkan dari masyarakat. Hampir semua orang membutuhkannya. Harganya pun  bervariasi mulai dari lima ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan anda. demikian informasi kali ini, semoga bisa memberikan informasi bermanfaat buat anda.

Related Post